Artikel

Lembaga Kemasyarakatan

25 Januari 2023 12:24:18  Admin Universitas Qomarudin  366 Kali Dibaca 

LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA:
- BPD
- RT/RW
- PKK
- LPMD
- Karangtaruna
- LINMAS
- Desa Siaga
- Gabungan Kelompok Tani
- POSYANDU
- Rahmatul Yatama

______________

BPD
Badan Permusyawaratan Desa mempunyai fungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.
Struktur Kelembagaan terdiri dari 9 orang, yaitu :
Nur Kholiq, M.Pd.I (Ketua)
Drs. Muhammad Sholih (Wakil Ketua)
Mohammad Arif Hidayatullah (Sekretaris)
Riski Nugraha (Bendahara + Bidang Pembangunan)
Mohammad Waras (Bidang Pembangunan)
Sholik, S.Pd M.Pd.I (Bidang Pemerintahan)
Mukromin Latif, S.Pd (Bidang Pemerintahan)
Muhammad Subhan, S.Ag M.Pd (Bidang Sosial)
Nour A'isyah Luthfiyah (Bidang Sosial)

______________

RT/RW
Desa Bungah terbagi atas 5 Dusun, 9 RW dan 33 RT, dengan penataan sebagai berikut :
- Dusun Nongkokerep
RT 001    RW 001
RT 002   RW 001
RT 003A RW 001
RT 003B RW 001
RT 003C RW 001
RT 003D RW 001
RT 004   RW 002
RT 005   RW 002
RT 006   RW 002
RT 007   RW 003
RT 008   RW 003
RT 009   RW 003
RT 010   RW 004
RT 011    RW 004
RT 012    RW 004
- Dusun Bungah
RT 013    RW 005
RT 014    RW 005
RT 015A  RW 006
RT 015B  RW 006
RT 016    RW 006
RT 017A  RW 006
RT 017B  RW 006
RT 017C  RW 006
- Dusun Kaliwot
RT 018    RW 007
RT 019A  RW 007
RT 019B  RW 007
- Dusun Dukuh
RT 020    RW 008
RT 021     RW 008
RT 022A  RW 008
RT 022B  RW 008
- Dusun Karangpoh
RT 023      RW 009
RT 024A   RW 009
RT 024B   RW 009

______________

PKK DESA
PKK desa adalah gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur 
Tugas PKK adalah merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK (Tim Penggerak PKK), sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.
Menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK.
Kegiatan PKK Desa Bungah diadakan rutin pada minggu ke3 (tiga) setiap bulannya.

______________

LPMD
LPMD adalah lembaga atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat yang difasilitasi pemerintah desa melalui musyawarah dan mufakat, dan merupakan MITRA pemerintah desa dalam menampung dan mewujudkan aspirasi serta kebutuhan masyarakat di bidang pembanguna.
Struktur Kelembagaan terdiri dari :
▪️ Muhammad Syai'in (Ketua)
▪️ Nurhamid (Sekretaris)
▪️ Mulyono (Bendahara)
▪️ H. Mohammad Akhwan (Anggota)
▪️ Abdul Malik (Anggota)
▪️ Darsani (Anggota)
▪️ Supriyadi (Anggota)
▪️ Rohman (Anggota)

______________

KARANGTARUNA
Karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.
Anggota karang taruna yang selanjutnya disebut warga karang taruna adalah setiap anggota masyarakat yang berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun yang berada di desa.
Karang Taruna Desa Bungah diketuai oleh : Muhammad Ulul Azmi Kurniawan

______________

LINMAS
Linmas (perlindungan masyarakat) satuan linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.
LINMAS Desa Bungah terdiri dari -+ 22 anggota.
Komandan : Suhail

______________

DESA SIAGA
Desa siaga merupakan strategi baru pembangunan kesehatan. Desa siaga lahir sebagai respon pemerintah terhadap masalah kesehatan di Indonesia yang tak kunjung selesai.
Tingginya angka kematian ibu dan bayi, munculnya kembali berbagai penyakit lama seperti tuberkulosis paru, merebaknya berbagai penyakit baru yang bersifat pandemik seperti HIV/AIDS dan COVID 19 serta belum hilangnya penyakit endemis seperti diare dan demam berdarah merupakan masalah utama kesehatan di Indonesia.
Bencana alam yang sering menimpa bangsa Indonesia seperti gunung meletus, tsunami, gempa bumi, banjir, tanah longsor dan kecelakaan massal menambah kompleksitas masalah kesehatan di Indonesia.
Pemerintah Desa Bungah bekerjasama dengan PUSKESMAS BUNGAH membentuk kelompok masyarakat yang melaksanakan SMD (Survei Mawas Diri), pertemuan pengurus, kader dan warga desa untuk merumuskan masalah kesehatan yang dihadapi dan menentukan masalah prioritas yang akan diatasi.

______________

GAPOKTAN
GABUNGAN KELOMPOK TANI
Gapoktan adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerja sama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.
Adanya gapoktan agar kelompok tani dapat lebih berdaya guna dan berhasil guna, dan menyediakan sarana produksi pertanian, peningkatan, permodalan,  atau perluasan usaha tani untuk para petani dan kelompok tani dari sektor hulu dan hilir, serta peningkatan kerjasama dan pemasaran produk.
Di Desa Bungah mayoritas kelompok tani tersebut adalah warga dari dusun Karangpoh, Dukuh, dan Kaliwot.

______________

PASAR DIGITAL BUNGAH
Program ini bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM di Desa Bungah untuk dapat tumbuh dan terus berkembang di era digital.
Dunia pemasaran digital memang belum maksimal dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, disamping karena saking kompleksnya ilmu pembelajaran tentang beriklan, tehnik-tehnik closing, algoritma sosial media dll. Juga karena kurangnya branding bisnis mereka sendiri.

______________

POSYANDU
Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.
Di desa Bungah Posyandu ada 2 yaitu Posyandu Balita dan Posyandu Lansia yg mana kegiatannya dilangsungkan bersama, pelaksana kegiatannya adalah kader Posyandu (kader kesehatan yang berasal dari warga masyarakat yang dipilih masyarakat oleh masyarakat serta bekerja dengan sukarela untuk membantu peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kerja Posyandunya).

Di Desa Bungah Sendiri ada 6 pos dengan keterangan sbb :
Pos 1 : (warga RT 1,2,3 abcd)
Pos 2 : ( Warga Rt 4,5,6)
Pos 3: ( Warga Rt 7,8,9,10,11,12)
Pos 4:(Warga RT 13,14,15 (ab),16
Pos 5 ( Kaliwot, Dukuh, Karangpoh)
Pos 6 ( Warga RT 17(a,b,c)
Di setiap Kegiatan Posyandu ada pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) yg diberikan kepada peserta yg didanai oleh Desa melalui PKK.
Selain itu ada tambahan Posbindu PTM yg pelaksanaannya dilaksanakan secara bergilir (keliling ) tiap Sebulan sekali.

______________

RAHMATUL YATAMA
Kepada para donatur yang ingin menyalurkan bantuan terhadap anak yatim melalui Yayasan Rahmatul Yatama Desa Bungah, dapat menghubungi sekretariat : Muhammad Syai'in 085850137426
Atau melalui kotak amal yang disebar dibeberapa tempat berlabel "Rahmatul Yatamah Bungah"

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:60
    Kemarin:55
    Total Pengunjung:51.264
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.182.206
    Browser:Tidak ditemukan